Indoleaks.org - Indoleaks, Wikileaks Versi Indonesia

Indoleaks - Indoleaks.org. Sekarang siapa yang tidak tahu dengan Wikileaks, situs yang membeberkan dokumen rahasia dari berbagai negara termasuk diantaranya adalah dokumen rahasia negara super power Amerika Serikat. Dengan kecanggihan peralatan dan kepintarannya, mereka berhasil mencuri berkas-berkas rahasia milik negara.

Kali ini situs Indoleaks yang beralamat di indoleaks.org disebut-sebut sebagai wikileaksnya versi Indonesia. Dan disebut-sebut juga telah siap untuk mengumbar dokumen rahasia terkait pristiwa yang terjadi di Indonesia.

Pemberitaan tentang indoleaks.org sendiri saya temukan di situs detikinet.com, pagi ini, Jumat, 10/12/2010 sekitar pukul 11.00 WIB. Karena penasaran dari pemberitaan yang saya dapatkan, akhirnya saya mencoba menelusuri situs ini yang pada kenyataanya tidak bisa diakses dan pada halam depannya terpampang tulisan "Not Found" dengan tampilan yang kelihatan serba hitam.


Penasaran ingin melihat hasil tweps para pengguna twitter tentang situs Indoleaks ini, akhirnya saja mencoba melihat-lihat hasil tulisan terbaru di twitter tentang Indoleaks.com dan dari hasil pencarian itu saya menemukan beberapa komentar pengguna twitter sebagai berikut:

febirosseva: belm sempet dibuka, sepertinya udah di blokir wwww.indoleaks.org

oliviaintan: does indoleaks.org exist? kok ga bisa dibuka sih?

@suwandiahmad: backup kali mas. Seperti wikileaks. Dan distribusi data mungkin akan berubah via torrent jua Re: indoleaks.org kok .

Lebih lanjut tentang situs Indoleaks yang ditulis situs detikinet menyebutkan Indoleaks mengaku siap membeberkan semua dokumen yang dianggap memiliki kepentingan publik, misalnya beberapa penyelewengan dari instansi tertentu yang diduga sengaja disembunyikan dari publik.

Pengunjung juga dikatakan bisa berkontribusi dalam membeberkan informasi yang terbilang 'rahasia' lewat saluran ini. Hanya saja mereka memiliki beberapa ketentuan yakni:

- Dokumen harus ORISINIL, tanpa ada opini pengirim di dalamnya.

- Indoleaks.org akan menyebutkan sumber dokumen adalah ANONIM.

- Dokumen yang dipublikasikan adalah dokumen yang MEMILIKI kepentingan publik.

- Indoleaks.org TIDAK akan mempublikasikan informasi yang terkait dengan rekening bank, medical record, dan rahasia pribadi lainnya.

- Indoleaks.org TIDAK bertanggung jawab atas penggunaan dokumen yang dipublikasikan.

0 comments:

Post a Comment

Recent Posts

Ping your blog, website, or RSS feed for Free TopOfBlogs